Minggu, 23 Desember 2012

Kegiatan di Desa Blumah II : Manakiban, Mauludan dan Kirim Do'a

Share

Kedua, kegiatan selapanan merupakan kegiatan yang dilaksanakan tiap 8 kali putaran pasaran atau 40 hari sekali. kegiatan tersebut diantaranya selapanan ibu-ibu PKK  yang dilaksanakan pada hari Jum'at pasaran Kliwon atau masyarakat menyebutnya Kliwonan. Kegiatan ini biasanya diisi dengan membaca surat Yasin, dzikir-dzikir, pengajian dan do'a bersama. Tempat dari kegiatan ini adalah di Balai Desa Blumah.

Selain itu, kegiatan selapanan juga kegiatan yang diadakan jam'yyah-jam'iyyah keagamaan seperti manaqib atau Manaqiban (pembacaan sejarah-sejarah seorang auliya'alloh dan sholawat). Kegiatan jam'iyyah ini diadakan oleh bapak-bapak tiap RT dan juga guru-guru dari madrasah Diniyyah (sebuah Lembaga Pendidikan nonformal berbasis islam) di desa Blumah. Kegiatan ini diadakan secara bergiliran dari rumah ke rumah. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memupuk tali silaturrahim dan sesekali membahas permasalahan yang terkait. Ketiga adalah kegiatan mingguan atau kegiatan yang dilaksanakan tiap seminggu sakali. Kegiatan ini meliputi kegiatan ibu-ibu tiap RT, pemuda dan pemudi.


Kegitan ibi-ibu di tiap RT merupakan kegiatn rutin berupa kirim doa kepada yang sudah meninggal. Kirim do'a tersebut dilaksanakan bergiliran dari rumah ke rumah dan waktu pelaksanannya berbeda. Ada yang malam Senin dan ada juga yang dilaksanankan pada Kamis sore. Untuk kegiatan pemuda dan pemudi berupa kegiatan membaca sholawat dan sejarah nabi Muhammad atau disebut Mauludan atau Berjanjen. Pelaksanaan kegitan pemuda/i ini pada malam Senin untuk pemuda yang bertempat di masjid desa Blumah dan untuk pemudi pada malam Minggu yang bertempat di mushola-mushola secara bergiliran. Mauludan juga merupakan kegiatan ibu-ibu tiap RT yang pelaksanannya pada malam Rabu, malam Kamis dan malam Jum'at.
Terakhir adalah kegiatan harian merupakan kegiatan yang dilaksanakan pada tiap harinya, baik pada malam hari maupun pada pagi hari. Kegiatan ini berupa pengajian ibu-ibu setelah sholat isya' dan pagi hari di rumah para ustadz. Selain itu juga pengajian pemuda, pemudi dan anak-anak. Kegiatan ini lebih tepatnya merupakan termasuk katagori kegiatan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan.
Di desa Blumah juga ada beberapa lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal. Tentang pendidikan di desa Blumah akan diulas pada posting selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar anda, berisi saran, kritik, celaan juga boleh, monggo..